Jenis jenis Pintu Kamar Mandi Rumah

Jenis pintu kamar mandi rumah di rumahin. Tulisan ketiga tentang kamar mandi, gak ada salahnya mengingatkan kembali tulisan sebelumnya tentang 3 desain kamar mandi sederhana dan pemasangan keramik kamar mandi sederhana. Pemilihan material pintu kamar mandi tergantung dari jenis kamar mandi rumah kita. Jenis kamar mandi ada 2 macam:

1. Kamar mandi basah
Dari namanya yang ‘basah’ berarti kamar mandi ini memiliki kelembaban yang tinggi karena terkena guyuran air di bagian pintu, lantai maupun dinding kamar mandi. Kamar mandi ini menggunakan bak mandi, closed dan juga wastafel. Penggunaan bak mandi sehingga penghuninya menggunakan gayung untuk aktifitas mandi inilah yang menyebabkan area kamar mandi ini menjadi basah

2. Kamar mandi kering
Kebalikan dari kamar mandi basah, menggunakan shower dan bathup dan closed duduk. Sehingga tidak memiliki kelembaban yang tinggi karena tidak ada guyuran air pada saat mandi.

pintu-kamar-mandi

pintu-kamar-mandi

Pada jenis kamar mandi kering, hampir semua jenis material untuk pintu kamar mandi bisa digunakan. Sebaliknya untuk kamar mandi basah kita harus memilih jenis material yang pas. Berikut ini jenis pintu kamar mandi


1. Pintu kamar mandi pvc / Pintu kamar mandi plastik
Terbuat dari PVC, ada yang menyebut plastik atau vinil. Pintu PVC kamar mandi menjadi marak dan banyak digunakan pada rumah rumah minimalis, perhotelan maupun rumah sakit. Harga pintu kamar mandi PVC / plastik sangat terjangkau pintu ini tidak memerlukan proses finishing seperti pintu kamar mandi dari kayu, pintu ini juga cukup kuat dan mempunyai ketahanan terhadap kondisi kamar mandi yang basah.

pintu-kamar-mandi-pvc

pintu-kamar-mandi-pvc

Kekurangan dari pintu kamar mandi ini adalah tidak tahan jika mengalami perubahan iklim secara terus-terusan yaitu yang diakibatkan panasan dari sinar matahari. Jadi pintu ini tidak cocok untuk kamar mandi luar, dimana sinar matahari mengenai pintu ini.


2. Pintu kamar mandi aluminium
Pintu aluminium kamar mandi termasuk salah satu bahan yang tahan terhadap air. Pintu biasanya diproduksi menjadi 1 paket dengan kusennya. Warna pintu ini umunya adalah kelabu. Tahan terhadap sinar matahari.

pintu-kamar-mandi-aluminium

pintu-kamar-mandi-aluminium


3. Pintu kamar mandi kaca
Pintu kaca kamar mandi memisahkan antara area yang basah dengan area kering. Pintu ini mempunyai tipe kaca buram dan bening dengan variasi jenis pintu depan dan samping yang bisa dibuat sliding yang cocok untuk jenis rumah minimalis.

pintu-kamar-mandi-kaca

pintu-kamar-mandi-kaca


4. Pintu kamar mandi kayu
Pintu kayu kamar mandi masih banyak dipakai, banyak ditemui dirumah-rumah lama. Kayu sangat kuat tetapi tidak tahan dengan kelembaban. Pintu ini tidak cocok digunakan untuk jenis kamar mandi basah. Tapi pintu ini bisa dimodifikasi agar lebih tahan lama jika digunakan pada kamar mandi basah, yaitu dengan menambahkan lapisan seng pada bagian dalam dari pintu kamar mandi.

pintu-kamar-mandi-kayu

pintu-kamar-mandi-kayu


Baca juga 3 Tips Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s