Cara Yang Benar Mengecat Ulang Pagar Besi

Rumah 41a

Pagar besi yang menghiasi indahnya eksterior rumah anda mampu menampilkan sebuah estetika seni yang sangat tinggi sehingga keindahannya harus tetap anda jaga. Salah satu untuk menjaga keindahan pagar besi rumah anda adalah dengan mempertahankan cat tetap fresh dan selalu melakukan pengecatan secara berkala. Walaupun berada di area bagian depan rumah ataupun disekeliling rumah anda, pagar ini terkadang lewat dari perhatian anda sehingga kondisi fisik dari pagar tidak ter kontrol. Penyebab dari rusaknya atau pudarnya warna dari pagar besi salah satunya adalah perubahan cuaca, terkena banjir, terkena kotoran dan terkena bahan kimia. Jika anda sudah mengetahui kondisi cuaca di lingkungan anda, maka anda dapat mengaplikasikan cat pagar besi ini dengan tepat sehingga cat besi yang menempel indah di rumah anda akan bertahan cukup lama. Agar cat menempel kuat di pagar besi rumah cantik anda, anda dapat mengaplikasikan cat pagar besi tersebut dengan cara sebagai berikut :

Rumah 41b

  • Kikis Terlebih Dahulu Cat Lama

Sebelum anda mengaplikasikan cat baru pada pagar besi, anda harus mengikis besi tersebut dari karat yang menempel atau dari cat lama yang masih rapat. Gunakan kape untuk mempermudah mengikis sisa cat dan karat tersebut. Pekerjaan ini membutuhkan waktu yang lama apalagi jika pagar besi yang anda miliki sudah parah dan panjang. Tapi karat wajib untuk dihilangkan agar tidak beroksidasi kembali dan karat baru tidak tumbuh cepat begitu saja.

  • Amplaslah Agar Lebih Mulus

Pengikisan bekas cat dan karat pada permukaan pagar besi tersebut tidak serta merta memuluskan permukaan pagar besi. Maka dari itu, agar mulus pagar besi lebih sempurna, anda dapat melanjutkan menggosok pagar besi tersebut dengan amplas. Tingkat kekasaran amplas yang medium dapat anda gunakan untuk mendapatkan hasil permukaan pagar yang lebih mulus. Jika permukaan pagar mulus, bukan tidak mungkin hasil pengecatan yang anda aplikasikan akan menempel dengan sempurna.

  • Gunakan Pelapis Cat Dasar

Jika pagar besi sudah siap untuk dicat, anda gunakan terlebih dahulu cat dasar untuk pagar besi tersebut. Cat dasar yang anda pilih harus merupakan cat yang khusus besi dan tahan terhadap alkali. Jika anda akan menambahkan tiner, tambahkan secukupnya saja jangan terlalu banyak agar daya tutup cat tersebut lebih kuat dan lebih maksimal.

  • Aplikasikan Cat Yang Sebenarnya

Jika cat pelapis dasar sudah kering dan siap untuk dicat penutup, maka anda dapat melanjutkannya dengan mengecat yang sebenarnya. Lakukan dengan sangat hati hati dengan arah pengecatan ke atas ke bawah. Jika memungkinkan melakukan pengecatan dua kali, lakukan yang pertama tipis saja kemudian biarkan kering baru sempurnakan yang kedua sebagai finishing.

Rumah 41c

Langkah langkah pengecatan tersebut adalah langkah langkah yang penting untuk mendapatkan hasil pengecatan pagar besi rumah lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *