Lebih Jeli Membeli Rumah Second Agar Tidak Merugi

Rumah 15a

Harga rumah baru yang saat ini ditawarkan oleh agen properti ataupun membangun sendiri pasti akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit apalagi jika anda menginginkan desain yang lebih modern sehingga anda memerlukan kocek saku yang dalam untuk memilikinya. Jika hal tersebut terjadi dan anda tidak memiliki cukup uang untuk memilikinya maka rumah second atau bekas tentunya menjadi pilihan terakhir agar anda mendapatkan tempat tinggal. Tidak ada salahnya anda membeli rumah second karena jika anda jeli anda tetap akan mendapatkan rumah terbaik dan layak huni. Ketika anda membeli rumah second baik dari personal ataupun perantara, jangan terlalu terbuai dengan apa yang diiklankan atau yang diinformasikan kepada anda karena biasanya yang diinformasikan lebih banyak klebihannya sedangkan kekurangannya tidak diinformasikan. Maka dari itu, baik membeli dari perantara ataupun personal, anda tetap harus mengecek lebih detail kondisi rumah dan lain sebagainya.

Adapun hal hal yang perlu anda cek ketika anda membeli rumah second agar tidak merugikan anda antara lain adalah :

  • Periksalah Kondisi Fisiknya

Rumah 15b

Wajib anda memeriksa kondisi fisik dari rumah tersebut dari mulai dinding, atap, lantai, kayu, pintu dan lain lain. Pastikan saluran air tidak bocor dan tidak lembab atau ada gejala gejala yang mungkin dapat menyebabkan hal yang tidak baik. Jika rumah tersebut pernah direnovasi, hitung usia renovasinya dengan kondisi saat ini karena itu artinya anda harus menghitung kapan anda untuk merenovasi ulang yang tentunya akan membutuhkan uang. Selain itu, ventilasi udara dan cahaya pun tidak boleh luput dari pemeriksaan kondisi fisik ini karena akan sangat penting ketika anda sudah tinggal di rumah tersebut. Intinya interior dan eksterior rumah harus anda cek secara keseluruhan tanpa ada satupun yang terlewatkan.

  • Periksalah Lingkungan Sekitarnya

Rumah 15c

Lingkungan sekitar akan memberi pengaruh cukup banyak ketika anda sudah tinggal di rumah tersebut. Kontur tanah, suhu udara, got atau parit, jarak safety tank dan tempat yang kotor lainnya tidak boleh anda lewatkan karena jika anda melewatkan ini dan ternyata akhirnya akan sangat mengganggu anda, maka anda yang akan rugi.

  • Periksalah Fasilitas Pihak Ketiganya

Rumah 15d

Fasilitas pihak ketiga yang dimaksud adalah fasilitas seperti listrik dan tegangannya, air PDAM, telepon atau jaringan internet. Pastikan semuanya dalam kondisi baik, tidak ada gangguan dan tentunya tidak mengalami tunggakan. Ingat jika ada tunggakan tentunya anda akan membayarnya dengan jumlah yang tidak sedikit sehingga anda harus memastikan kondisi fasilitas pihak ketiga ini.

  • Periksalah Kekuatan Hukumnya

Rumah 15e

Jika kondisi fisik dan fasilitas yang ada serta lingkungan sekitarnya dirasa sudah memenuhi kriteria rumah yang anda inginkan, langkah terakhir adalah memeriksa kekuatan hukum atau surat surat dari rumah tersebut berupa status kepemilikannya. Surat surat yang penting antara lain adalah IMB (Izin Mendirikan Bangunan), SHM (Sertifikat Hak Milik) dan riwayat dari rumah tersebut karena ditakutkan lokasi tersebut atau rumah tersebut dalam kondisi sengketa.

Jika semuanya sudah terpenuhi sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan pembelian rumah yang layak dan legal, maka keputusan ada di tangan anda.

3 thoughts on “Lebih Jeli Membeli Rumah Second Agar Tidak Merugi”

  1. Ya, betul sekali. Perlu pertimbangan yang lebih cermat dalam membeli rumah second, apakah biaya renovasi cukup besar yang mengakibatkan sama dengan membangun rumah baru, dan juga kekuatan hukumnya seperti yang disebutkan diatas

  2. kekuatan hukum lebih penting untuk apapun disaat seperti sekarang, tanpa adanya kekuatan huku semuanya tidak ada gunanya,..
    terima kasih telah berkunjung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *