Mempercantik Eksterior Rumah Minimalis Dengan Batu Alam

Rumah 22a

Pada dasarnya rumah minimalis memiliki model dinding yang simple berupa plester saja kemudian diberikan sentuhan warna dari cat dinding agar terlihat manis. Tapi hal semacam itu tentunya hanya sebatas karakteristik rumah minimalis karena anda dapat memberikan sentuhan yang berbeda dengan mengaplikasikan batu alam pada dinding tersebut. Ketika anda menggunakan warna untuk permainan dinding agar terlihat atraktif, penggunaan batu alam pun dapat menjadi alternatif pilihan agar rumah minimalis yang anda miliki terlihat unik. Tapi model batu alam ini tentunya harus sesuai dengan konsep minimalis sebagaimana ciri khas dari rumah tersebut. Tidak semua bagian menggunakan batu alam pada rumah minimalis ini agar terlihat artistik, namun cukup penggunaan sederhana saja yang terpenting dapat berbaur dengan alam. Batu alam yang digunakan untuk mempercantik dinding pada rumah minimalis saat ini ada banyak macamnya antara lain :

Rumah 22b

Jenis Batu Alam

  • Batu Alam Candi

Ciri kas batu alam ini adalah memiliki teksture yang kasar dan warnanya lebih gelap. Jika diaplikasikan dengan dinding berwarna cerah maka warna hitam yang dimiliki akan sangat kental dan fokus. Tapi pori pori batu alam candi ini sedikit lebih besar sehingga riskan terhadap perkembangan lumut.

  • Batu Alam Paras

Sifat batu alam paras ini hampir sama dengan batu candi, pori pori besar, berwarna gelap dan teksture yang dimilikinya juga kasar.

  • Batu Alam Lempeng Kali

Pori pori untuk batu kali ini tidak sebesar pori pori pada kedua batu alam yang telah disebutkan di atas. Hal ini akan berefek pada resiko untuk berlumut tidak terlalu besar.

  • Batu Alam Marmer

Batu marmer ini yang paling banyak peminatnya karena memiliki tingkat kekuatan yang sangat keras, pori porinya kecil, warnanya terang dan tentunya cocok untuk eksterior rumah.

Rumah 22c

Agar rumah terlihat lebih artistik, anda dapat mengaplikasikannya dengan dua atau lebih jenis batu alam yang berbeda tapi harus tetap memasangkannya secara serasi agar memiliki nilai seni yang tinggi. Karena ada kekurangan dan kelebihan dari setiap jenis batu alam, maka anda harus jeli memilih dan mengaplikasikannya agar mendapatkan yang terbaik.

  • Pilihlah area yang dapat menjadi fokus perhatian dari penglihatan orang. Tidak harus di bagian muka rumah karena ada juga yang mengaplikasikannya di bagian samping jika rumah tersebut memiliki memiliki hadapan di sisi kiri dan kanan.
  • Warna batu alam yang dipilih sebaiknya kontras dengan cat dinding agar menjadi pusat perhatian dan tampak lebih cantik.
  • Karena sifatnya bukan merupakan struktur pelindung dinding atau fasad, maka sebaiknya anda menggunakan batu alam ini kurang dari 50% dinding rumah. Apalagi jika anda menggunakannya yang berwarna gelap karena akan memberikan efek rumah tampak seperti goa.

Silahkan untuk mempercantik eksterior rumah minimalis anda dengan menggunakan batu alam dan harus ingat tidak hanya sekedar mengaplikasikan saja tapi juga harus memiliki nilai seni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *