Tips Mengatasi Dinding Rumah Yang Retak

Rumah 69a

Sebuah dinding yang indah akan tercoreng keindahannya jika terjadi retakan tepat pada bagian permukaanya, entah itu karena panas, karena gempa ataupun hal lain diluar itu. Tapi yang pasti dinding rumah yang retak ini sangat besar kemungkinannya dari dinding yang tidak kuat atau kualitas dari dinding yang tidak baik. Kejadian dinding rumah yang retak merupakan fenomena yang sangat familiar khususnya untuk rumah rumah di wilayah tropis. Tapi secara teknis, penanganannya dapat dilakukan sesuai dengan kondisi dari keretakan yang terjadi pada permukaan dinding tersebut. Ketika terjadi retak pada dinding, akan terjadi kekhawatiran bagi penghuni rumah terutama pada kemungkinan terjadi runtuh secara tiba tiba walaupun sebenarnya sangat kecil kemungkinannya tergantung dari retaknya seperti apa dan seekstrim apa. Maka dari itu, jika dinding rumah retak segera untuk diperbaiki agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Agar proses perbaikan dinding yang retak ini dapat diatasi dengan sangat maksimal, maka anda harus dapat mengelompokan terlebih dahulu besaran retak dinding yang terjadi :

  • Kondisi Retak Dinding Yang Ringan

Rumah 69b

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kesalahan pada metode serta teknik dari pelaksanaan pemasangan batu bata pada dinding. Akibat tersebut terjadi karena proses pelesteran yang terlalu cepat sehingga ketika terjadi pemanasan akan menghasilkan retakan pada dinding. Langkah pencegahannya adalah dengan memberi jeda waktu pemasangan batu bata dengan waktu pelesteran. Biarkan proses pengeringan batu bata dinding mengering hingga akhirnya dilakukan pelesteran. Untuk solusi adalah dengan mengaplikasikan semen putih kemudian dilanjutkan dengan pengecatan ulang.

  • Kondisi Retak Dinding Yang Sedang

Rumah 69c

Kondisi ini terjadi akibat dari kesalahan pemilihan material bahan dinding atau kombinasi semen dan pasir yang kurang maksimal. Hal ini akan berakibat pada dinding yang keropos hingga akhirnya mengakibatkan dinding retak dengan ukuran sedang. Hal lainnya bisa juga diakibatkan dari benturan keras yang melukai dinding tersebut. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pembobokan pada area yang retak kemudian dipasang batu bata lagi yang dilapisi dengan kawat kemudian baru anda pelester dan akhirnya diwarnai atau dicat ulang.

  • Kondisi Retak Dinding Yang Berat

Rumah 69d

Retak pada dinding dengan kategori berat adalah terjadinya potensi runtuh pada bangunan akibat dari struktur bangunan yang tidak terlalu kuat. Hal lainnya juga disebabkan oleh usia bangunan yang sudah tua. Solusinya adalah dengan memperkuat struktur bangunan dengan menambahkan balok struktur sehingga beban yang dipikulnya dapat diminimalisir. Setelah itu, anda lanjutkan perbaikan pada dinding hingga akhirnya anda lakukan pengecatan ulang.

Solusi di atas dapat menjadi acuan anda untuk memperbaikai keretakan pada dinding sesuai dengan kondisi retak yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *